Cara Mengatasi gula darah saat puasa


Soresantai - Halo penikmat senja, kali ini kita sudah memasuki bulan Suci Ramadhan. Dimana semua umat muslim didunia menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh. Kekhawatiran bagi yang mempunyai gula darah tinggi tidak bisa mengikuti ibadah puasa. Tidak usah khawatir soresantai akan memberikan cara mengatasinya. 


Pada saat berpuasa sesorang akan menahan makan dan minum lebih dari 12 jam. Memang benar jika pada saat puasa akan membuat penurunan kadar gula. Sangat menjadi masalah bagi penderita diabetes. Maka dari itu para penderita diabetes harus benar-benar memperhatikan jika ingin berpuasa.


Mengatur pola makanan, Setidaknya ketika saat sahur kita mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat yang berserat agar bisa mendapatkan energi dan membuat tubuh kenyang lebih lama. Mengindari makanan dan minuman asam seperti kopi dan minuman bersoda. Porsi makan yang disesuaikan 50 persen saat sahur, 40 persen saat berbuka dan 10 persen saat tarawih, bisa juga makan setelah tarawih. Jangan lupa untuk minum air yang cukup. 

Minumlah air putih atau mineral jangan terlalu banyak minum air yang mengandung rasa manis, itu akan membuat kita dehidrasi. Jangan juga terlalu banyak minum karena bisa membuat kita kembung apalagi ketika berbuka tiba rasa haus yang sangat menggila membuat nafsu untuk minum lebih banyak. Udah kembung ga tarawin deh heheh.

Mengatur porsi makanan, Untuk karbohidrat pilihlah yang berserat seperti nasi merah dan gandum. Untuk kandungan serat yang paling tinggi itu gandum per 100 gram gandum 10.7 gram serat. Sedangkan 100 gram nasi merah dan putih hanya 0,3 gram dan 0,2 gram. Jangan terlalu banyak makanan berminyak, untuk yang satu ini pasti sangat sulit karena saat puasa pasti tukang gorengan tersebar disegala penjuru, setiap makanan yang digoreng sangat tidak disarankan. Alangkah baiknya diganti dengan perbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan.

Berolahraga, Ketika berpuasa untuk penderita diabetes sangat dianjurkan namun hindari berolahraga sebelum berbuka sangat beresiko terkena hipoglikemia. Hipoglikemia adalah penurunan kadar gula darah yang mengakibatkan sangat lapar, gelisah, lelah, badan gemetar. Waduh bahaya teman-teman.

Jangan sampai tidak puasa ya teman - teman salam senja 

0 Response to "Cara Mengatasi gula darah saat puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel