Porsi yang Tepat Nutrisi Dalam Tubuh


Soresantai.com - Supaya bisa berfungsi secara optimal, tubuh tentunya membutuhkan nutrisi secara lengkap. Makanan adalah pemasok nutrisi dalam tubuh. Berdasarkan fungsi makanan, bisa dikelompokan yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin serta serat.

Terlalu banyak makan dan nutrisi tidak tepat bisa membuat berat badan naik dan menyebabkan penyakit-penyakit hadir dalam tubuh. Berapa banyakkah porsi makanan disarankan? Dibawah ini penjelasan berapa porsi dengan tepat bagi tubuh dan fungsi serta makanan yang direkomendasikan.

#Karbohidrat

Karbohidrat memiliki fungsi sebagai energi utama untuk tubuh supaya bisa melakukan banyak aktivitas. Rata-rata 1 gram karbohidrat menghasilkan 4 kalori. Kebutuhan rata-rata tubuh akan kalori yaitu 1200-2000 kalori.

Kalori yang didapatkan dari karbohidrat direkomendasikan sebanyak 50%-60% dari semua kebutuhan kalori. Tetapi, sekarang ini rata-rata penduduk mengkonsumsi karbohidrat 70% sampai 80% karbohidrat. Kelebihan mengkonsumsi karbohidrat dan tidak digunakan maka disimpan didalam lemak.

Karbohidrat bisa didapatkan dengan angka Indeks Glikemin (IG). Angka yang satu ini menunjukkan kandungan yang bisa meningkatkan kadar gula didalam darah. Semakin tinggi angkanya maka makanan itu bisa meningkatkan gula darah secara cepat.
Sedangkan terhadap karbohidrat yang IG nya rendah maka memberikan rasa kenyang dengan lama sehingga bisa mencegah lapar. Misalnya karbohidrat yang memiliki kandungan IG tinggi yaitu jagung, roti serta kentang. Sedang karbohidrat yang memiliki IG rendah yaitu gandum serta beras merah.

#Lemak

Lemak memiliki fungsi cadangan energi serta bisa melindungi nutrisi dalam tubuh dan organ tubuh manusia. Kebutuhan lemak tercukupi sangat berguna agar menjaga kesehatan kulit, rambut, melarutkan Vitamin A, D, E, K, menjaga suhu tubuh serta membantu metabolisme tubuh agar berjalan baik. 1 gram lemak bisa menghasilkan 90 kalori. Lemak harus dipenuhi 20% sampai 30% dari total semua kebutuhan kalori.

Lemak dibagi menjadi dua yaitu lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik yaitu lemak tidak jenuh yang biasa ada di kacang-kacangan, kenari, ikan salmon serta alpukat. Lemak baik mempunyai kandungan asam omega 3 berguna memelihara kesehatan jantung, mencegah terjadi jantung coroner serta menurunkan tekanan darah.

Lemak jahat adalah lemak jenuh yang ada terhadap daging, gorengan dan jeroan. Lemak jahat secara berlebih meningkatkan kolesterol total serta LDL dalam darah. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan sakit jantung, tekanan darang tinggi serta pemicu diabetes.

#Protein

Protein memiliki fungsi sebagai suatu komponen bermanfaat bagi pertumbuhan, menyembuhkan luka, menghasilkan enzim, regenerasi sel serta hormone bagi metabolisme tubuh sebagai suatu sumber energi dan menjaga nutrisi dalam tubuh. Kekurangan protein menyebabkan tulang keropos serta rambut rontok bahkan mengganggu pertumbuhan.

Protein bisa didapatkan melalui hewan serta tumbuh-tumbuhan. Protein berasal dari hewan yaitu protein hewan seperti daging, telur dan susu. Sedang protein tumbuhan disebut protein nabati misalnya kacang-kacangan. Protein hewani memiliki kandungan asam amino essensial lebih apabila dibandingkan dengan protein nabati.

#Vitamin dan Mineral

Vitamin serta mineral memiliki fungsi agar dapat mengatur nutrisi dalam tubuh serta mendukung proses yang terjadi di dalam tubuh. Seperti, proses pembentukan energi serta proses berpikir. Vitamin dan mineral banyak didapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Satu porsi buah bisa menghasilkan 4 kalori. Disarankan setiap hari mengkonsumsi 5 hingga 9 porsi buah. Buah serta sayur bisa memberikan serat.

#Serat

Serat memiliki fungsi terhadap proses pencernaan serta menjaga nutrisi dalam tubuh agar tetap sehat dengan mengkonsumsi serat pangan. Serta banyak ada di buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran serta sarella. Misalnya buah yang memiliki serat tinggi yaitu sirsak, pepaya, apel serta jeruk. Sayuran yaitu kacang panjang, wortel, brokoli, kangkung, tauge dengan kandungan 2-5 gram.

0 Response to "Porsi yang Tepat Nutrisi Dalam Tubuh "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel